Yang namanya ladang usaha untuk mendapatkan uang bisa didapat dari cara yang tidak terduga-duga. Entah itu dari kalian menjadi Karyawan Swasta, menjadi PNS, Menjadi Dirut di perusahaan ternama, Bahkan bisa menjadi Owner dari bisnis-bisnis online yang sedang trend saat ini juga. Namun, sebagian orang mengatakan juga bahwasannya dengan kalian memulai Berbisnis Kuliner adalah salah satu ladang untuk bisa mendapatkan cuan dengan sangat tepat. Karena apa ? semua makhluk hidup di dunia butuh konsumsi bagi makhluk tersebut. Terutama sekali manusia, yang membutuhkan makanan dalam kesehariannya selama 3x sehari ataupun 2x sehari. Selain itu, orang-orang di Indonesia juga banyak sekali yang senang dengan kulineran yang mantap. Selain itu, di Indonesia sangat subur dengan jasa antar mengantar makanan yang jauh lebih praktis memungkinkan pelayanan menjadi baik bagi pembelinya. 

Namun, kalian jangan salah juga. Walau terlihat ini menjanjikan, persentase kegagalan masih memiliki persentase kegagalan yang tinggi. Untuk sekiranya 60% dalam bisnis kuliner di tahun pertama banyak yang bubar. Lalu ada 80% dari adanya bisnis kuliner ini ada yang tidak akan bertahan sampai dengan tahun ke-5. Bagi kalian yang masih pemula dan ingin memulai bisnis kuliner ini dan tidak terjadi kegagalan yang parah, ada baiknya kalian bisa mempersiapkan matang-matang sebelum memulai bisnis kuliner itu sendiri. Nah, disini kita akan langsung membantu kalian dalam membagikan langkah-langkah akurat untuk memulai bisnis kuliner di Indonesia. 

 

Langkah Akurat Memulai Bisnis Kuliner 

Masih banyak orang-orang yang membuka bisnis kuliner ini asal-asalan dan terlihat hanya dari nafsu semata saja tanpa pikir panjang lagi kedepannya akan maju atau malah justru melemah. Nah, untuk bisa menghindari hal-hal tersebut, langsung saja kalian bisa melihat langkah-langkah akurat di bawah ini. 

1.1 Memahami keunikan Produk Sebelum Menjualnya 

Sebelum benar-benar memulai bisnis, biasanya kalian sudah memiliki ide yang cemerlang yang kemungkinan besar bisa mendongkrak bisnis kalian tersebut. Entah itu pada makanan cepat saji, minuman hits, dan lain sebagainya, usahakan kalian jangan pernah berhenti untuk mengeluarkan ide-ide baru lainnya. Setelah ide ini ada, maka kalian bisa mencari keunikan apa yang sebenarnya hadir di dalam produk kalian hingga kalian benar-benar tertarik untuk mengembangkannya. 

Untuk lebih meyakinkan kembali pelanggan kalian, maka ada baiknya untuk kalian menemukan nilai jual yang ada dan dibarengi dengan langkah-langkah : 

  • Menulis semua fitur serta kelebihan langsung dari adanya produk yang kalian jual. 
  • Tulis kembali masalah kelebihan produk yang memang menjawab langsung melebihi dari kebutuhan pelanggan yang ada. 
  • Tulis Keunggulan dari produk kalian yang kompetitor dari produk lain tidak memiliki keunggulan tersebut. 

1.2 Memahami adanya Target Pasar 

Untuk kalian yang ingin memulai adanya bisnis kuliner, maka wajib sekali mengetahui target pasaran yang benar-benar kalian tuju. Dengan target pasaran ini, kalian jadi tahu jelas bisnis kuliner kalian akan ramai pada akhirnya. Biasanya target pasaran ini akan melihat desain dari produk yang kalian jual dan sisanya mengikuti cara promosi yang toko kalian lakukan. 

Untuk bisa memahami lebih jelas mengenai adanya target sasaran ini, maka kalian bisa lakukan langkah-langkah yang ada di bawah ini. 

  • Buat sedikit perkiraan, siapa yang benar-benar paling membutuhkan produk kalian tersebut.
  • Lakukan survei bisnis dari kompetitor kalian.
  • Perhatikan kembali Review pelanggan dari bisnis kompetitor yang ada.
  • Bicaralah langsung dengan calon pelanggan kalian.
  • Buatlah sang buyer atau pembeli terpesona dengan produk yang kalian  keluarkan.

1.3 Buatlah sebuah Konsep Bisnis 

Setelah kalian sudah lama menggosok adanya ide terus menerus dalam berbisnis kuliner, maka saat ini waktu yang tepat untuk membuat ide yang ada menjadi lebih konkret lagi adanya. Cara mudahnya adalah dengan kalian menuangkan ide ini kedalam sebuah konsep bisnis atau business plan yang sudah sudah. Walau baru berbentuk judul saja atau rencana awal, bukan berarti kalian membuatnya secara asal-asalan. Jadi, dengan kalian membuat business plan ini bisa menjalani bisnis tersebut dengan sungguh-sungguh. 

1.4 Desain Produk yang Ingin Toko Jual 

Masalah desain mendesain tidak boleh kalian sepelekan. Pasalnya, dari desain ini para pembeli bisa menilai sendiri lho bagaimana toko kalian dalam memanjakan para pembelinya itu. Desain ini biasanya terdiri dari komponen penting yang mampu membangun toko tersebut selain dari cita rasanya, harga pokok penjualannya, kemasan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedikitnya sebagai pegangan kalian dalam membuat desain ini, maka kalian ikuti langkah yang ada seperti : 

> catatlah semua dari bahan-bahan produk dan juga proporsi yang bisa dipakai di dalam membuat produk tersebut.

> Sertakan beberapa sampel produk hanya untuk satu varian produk saja yang memang benar-benar ingin kalian jual nantinya. 

> Pikirkan betul-betul adanya porsi hanya untuk tiap produk yang memang ingin kalian jual.

> Pikirkan opsi dari kemasan yang menurut kalian paling the best.

> Desain kemasan tadi dengan sangat menarik, dinamis, dan praktis agar bisa menarik perhatian si pembeli lainnya. 

1.5 Menentukan Target Lokasi Penjualan 

Location menjadi prinsip yang benar-benar harus kalian pegang dan harus kalian jalani dengan sebaik mungkin. Tak terkecuali, ketika membuka bisnis kuliner kalian harus menempatkan lokasi yang benar-benar tertera pada denah jalan dan usahakan yang ramai akan pengunjung lainnya yang memang Food Courtnya para pecinta makanan. 

Cara yang benar untuk bisa menempatkan adanya lokasi usaha yang pas bagi kalian yang ingin membuka bisnis kuliner : 

  • Bisa memilih tempat yang mudah sekali kelihatan.
  • Tentukan adanya ukuran dari tempat toko kalian.
  • Jangan lupa, selalu sediakan parkiran untuk kendaraan Motor serta Mobil.
  • Pastikan kembali, tempat usaha kalian sudah terlengkapi dengan adanya fasilitas dasar lainnya.
  • Lihatlah sekitar lingkungan kalian dan incar jika ada peluang usaha di dalamnya. 
  • Lakukan komunikasi mengenai hal-hal teknis dari si pemilik lahan yang kalian tempati saat itu juga.

1.6 Buatlah Rancangan Anggaran Toko

Jika kalian rasa membuang-buang adanya dana lebih hanya untuk menyewa spesialis akuntansi di dalam toko kalian, maka disini kalian bisa langsung saja melakukan pendaftaran ulang mengenai pengeluaran dan pemasukan dana yang ada. Dari sinilah, nantinya bisa menjadi sebuah patokan dalam mengejar jumlah penjualan yang ada. 

Untuk kalian yang ingin anggaran keuangan dari tokonya itu tetap sejahtera, coba gunakan prinsip penggunaan dari 68% pengeluaran. Prinsip ini sendiri sudah langsung mendasari pda kepastian agar pengeluaran dari bisnis kalian tidak selalu melebihi dari 68% pada keseluruhan dana toko. Pembagian dari 68% ini seperti :

  1. Bahan baku untuk produk-produk : 30%
  2. SDM atau Sumber Daya Manusia sebagai pekerja : 25%
  3. Penyewaan dari Tempat Usaha : 10%
  4. Keseluruhan tagihan toko yang dibutuhkan : 3%

1.7 Berlakukan SOP 

Tidak hanya perusahaan semata saja, kalian yang berbisnis Kuliner justru harus memasang SOP ini. Pasalnya Standar Operating Prosedur dari perusahaan juga haruslah ada agar bisa membantu kalian dalam menjalankan bisnis yang ada secara terstruktur , efektif dan konsisten. Kalian harus tahu SOP ini akan sangat berbeda dengan Job Description. Sifatnya sendiri pendek, namun lebih detail ke arah yang benar-benar dituju nantinya. 

Umumnya SOP itu memang langsung terdiri dari :

~ Ke-Simpelan

~ Mendetail

~ Jauh Spesifik

~ Rajin untuk selalu diPerbaharui

Itulah sedikitnya langkah akurat yang bisa kalian jalani. Sisanya seperti promosi secara berkala dan pencarian target pegawai bisa disesuaikan dengan kinerja dari toko kalian sendiri. Semoga sukses dan jayalah selalu!!