Bisnis Kuliner merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis usaha di dunia yang menguntungkan, menjanjikan dan akan selalu laris di pasaran setiap harinya. Hal ini memang didukung keras oleh alasan pada kebutuhan pokok manusia yang memanglah tidak lepas dari kehidupan kita sebagai manusia sehari-hari. Dari bisnis kuliner ini, akan terbagi lagi menjadi beberapa kategori yang ada. Dimulai dari : Makanan Ringan atau Cemilan, lalu adanya minuman, ada makanan pokok, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Walau bisa dikatakan memulai bisnis kuliner ini mudah untuk kalian mulai, namun tetap saja kalian akan mendapatkan tantangan demi tantangan di setiap usaha kalian itu. Salah satunya seperti masa pandemi saat ini. Banyak sudah toko-toko makanan yang harus tutup dan menerima kerugian tersebut. Pasalnya, Restoran atau Rumah Makan biasa, lalu koperasi makanan di sekolah-sekolah, sedang mengalami penurunan dalam usahanya tersebut. Seperti : banyak sudah pelanggan yang harus tinggal di dalam rumah dalam beberapa bulan terakhir jadinya tidak akan ada pemasukan dan akses sama sekali untuk berkunjung ke restoran atau rumah makanan yang kalian buka. Jadi dalam hal ini, restoran akan sepi pengunjung dan bahan baku tersimpan banyak hingga akhirnya terbuang karena sudah basi atau expired. 

Untuk itu, saat ini kalian haruslah meminimalisir kembali hal tersebut dengan membuka usaha yang akan kita rekomendasikan pada artikel ini. Pilihan bisnis makanan yang akan kita rekomendasikan ini benar-benar bisa membuat kalian untung dalam jangka waktu beberapa bulan saja , jika kalian memang bisa memaksimalkannya kembali. Dimasa pandemi ini pun kalian juga masih bisa kok membuka usaha ini, maka dari itu yuk coba deh usaha yang satu ini !

 

Usaha Catering Biasa Maupun Untuk Diet 

Jika kalian memang benar-benar bisa menciptakan masakan yang enak, maka kalian bisa saja membuka usaha catering untuk kedepannya. Nah, usaha catering ini bisa berbentuk umum dan bisa juga berbentuk khusus makanan diet saja. Kalau untuk umumnya, bisnis Catering ini akan hadir untuk jumlah besar pada acara Hajatan , Pesta Pernikahan, Sunatan, dan acara-acara besar yang lainnya. Sedangkan jika kalian membuka usaha catering diet, maka khususnya target pasaran kalian adalah orang-orang yang ingin berdiet, misal saja : wanita kantoran yang pastinya ingin hidup sehat dengan makanan diet yang ada sesuai dengan diet yang dilakukannya tersebut. 

Untuk pemasarannya sendiri bisa melalui media sosial , atau dari mulut ke mulut, sebar ke daerah perkantoran dan pasaran kampus yang cocok untuk kalian pasarkan nantinya. Jika Catering umum kalian bisa merekomendasikan macam-macam jenis masakan seperti : Rendang, Ayam Rica-Rica, Ayam Kecap Manis, Ikan Gurame Pedas Manis, Karedok dan lain-lain ke client kalin. Hal ini akan berbeda dengan catering diet. 

Untuk catering diet, biasanya memesan sesuai dengan jenis dari diet yang dilakoni oleh pelanggan kalian seperti diet :

> Diet Vegan : dimana untuk catering ini para pemesannya tidak akan mengkonsumsi produk olahan hewani sama sekali termasuk juga pada pemakaian Telur dengan Madu. 

> Diet Vegetarian : dimana untuk catering ini para pemesan-nya masih diperbolehkan langsung untuk mengkonsumsi Telur, Madu dan juga Produk susu. Diet yang inilah dirasa sangat ampuh dalam membantu penurunan dari berat badan. 

> Diet Mediterania : untuk diet ini akan langsung berfokuskan pada pengkonsumsi buah-buahan, lalu sayur mayur, biji bijian, ada juga produk gandum yang utuh, ikan, ayam , keju, yogurt hingga minyak zaitun dll. 

Nah, dari 2 jenis catering ini kalian bisa jalankan tanpa harus takut rugi di kedepannya. Semoga berhasil … 

Menjadi Seorang Distributor Makanan 

Jika usaha sebelumnya bagi kalian yang bisa memasak, maka kali ini untuk kalian yang tidak bisa memasak masih bisa untuk membuka usaha kuliner yang satu ini. Bahan makanan mentah bisa menjadi santapan baik bagi kalian dan menjadikan kesempatan besar untuk ladang bisnis kalian kedepannya. Contoh umumnya yakni dengan kalian bisa mengambil makanan yang sudah jadi dari produsen, lalu kalian bisa membantu penjualannya dengan memasarkan pada produk makanan yang ada. 

Contoh mudahnya : kalian disini mendistribusikan secara langsung pada bahan makanan dari para petani ke konsumen yang ada. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian orang di dunia. Contoh lainnya lagi dengan kalian sudah membantu produsen telur ayam dan juga beras lalu , kalian bantu jualkan ke konsumen yang ada otomatis kalian sudah memasarkan makanan tersebut dan sudah mengambil untung dari usaha tersebut. 

Pemasarannya sendiri jika kalian mengambil pada produsen makanan kemas, maka bisa saja dengan mudah memasarkan di media sosial kalian layaknya Instagram dan Line , lalu bisa juga dengan WA bisnis yang memang akan membantu meningkatkan performa kalian dalam menjalankan bisnis tersebut. Yuk coba langsung saja usaha yang satu ini, Semoga Berhasil ….

Usaha Makanan Tradisional 

Selain dari 2 jenis usaha tadi, kalian bisa nih mengembangkan jenis usaha makanan tradisional yang ada di Indonesia. Negara kita ini kan negara Nusantara dimana semuanya memiliki masakan yang enak dari Sabang hingga Merauke sekalipun itu selalu menyediakan makanan khas yang benar-benar lezat. Biasanya, bagi kalian yang ingin merasakan masakan Tradisional ini maka akan bertemunya di tempat pariwisata maupun di beberapa restoran yang ada akan menyediakan masakan ini. Dari hal inilah, kalian bisa kok menjajakan masakan tradisional ini kedalam pemasaran online yang jauh lebih strategis lagi dan tidak perlu bersusah payah orang-orang harus datang ke tempat pariwisata baru bisa mendapatkan makanan tersebut. 

Makanan yang bisa kalian coba kembangkan dalam dunia online seperti :

  • Pempek Khas Palembang yang bisa kalian buat dengan menggunakan varian isi ayam, daging, telur, cabai , dan masih banyak lagi yang lainnya. 
  • Lumpia Basah, bisa juga kalian buat dengan menggunakan tambahan kikil, ayam, lalu berikan sedikit rasa pedas yang memiliki tingkatan level dll. 
  • Bakpia , bisa nih kalian  kemas dalam bentuk baru. Jika biasanya kalian melihat bakpia dalam bentukan isi yang padat dan hanya coklat, keju, kacang hijau saja untuk isiannya. Maka disini kalian bisa membuka usaha tersebut dengan isian yang lumer dari varian Coklat, Keju Lumer, Strawberry, Nanas, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Usaha Jus Buah Ori ataupun Kopi

Biasanya kebanyakan dari kalian sangat senang dengan Jus Buah yang masih fresh dan juga banyak yang suka ketika sedang nongkrong atau kerja memesan minuman kopi yang dingin. Jus Buah Ori yang dimaksudkan adalah benar-benar buah aslinya saja yang di jus tanpa harus menggunakan tambahan apa-apa lagi layaknya susu dan gula cair yang menjadi perasa di dalam jus tersebut. Hal ini pastinya akan laris di pasaran oleh para wanita yang ingin mengkonsumsi demi menjaga kesehatan tubuh yang ada. Selain itu, masyarakat Indonesia juga sangat senang dengan minuman kopi apalagi, saat ini minumannya sudah banyak divariasikan dalam minuman tersebut. Jadi menambah nilai beli di mata customer. Oiya, jangan lupa juga untuk membuat kemasan yang ada menjadi lebih bagus kembali.